Sejarah Berdirinya Ikatan Alumni MAN 1 Medan

Gagasan terbentuknya IKAMAN 1 Medan ini muncul dari Kepala MAN 1 Medan pada waktu itu,yaitu bapak Drs.H.M.Nurdin Nasution. Pada waktu itu dua orang alumni MAN Medan tahun 1984 yaitu Mukhlis Malik (kuliah di Fak.Pertanian USU) dan Muhibbullah Azfa Manik (kuliah di Fak.Teknik-Industri USU) berkeinginan untuk meningkatkan kemampuan siswa/i MAN Medan agar dapat bersaing memasuki PTN, dimana secara ekonomi kemampuan siswa/i MAN Medan yang sanggup untuk mengikuti Bimbingan Test/Studi sangatlah sedikit, maka untuk mengatasinya dibuatlah suatu kegiatan ekstra berupa Bimbingan Test/Studi yang diberi nama BT/BS Alumni dimana para tenaga pengajarnya dihimpun dari berbagai Bimbingan Test/Studi yang ada di Medan, walaupun sebahagian besar bukanlah ALUMNI MAN Medan.
Sebelumnya alumni MAN Medan yang sudah melakukan pengabdian di MAN Medan sebagai tenaga pengajar honorer adalah Zahrin Piliang (alumni SPIAIN Medan), Safaruddin Siregar ( alumni tahun 1982,kuliah di Fak.Ekonomi USU),Zainab Mahyuni (alumni tahun 1982,kuliah di Fak.Kedokteran USU).
Keberadaan alumni di MAN Medan adalah sebagai penerus tenaga honorer mahasiswa USU yang sebelumnya mengabdikan diri mengajar di MAN Medan seperti : Jaya Arjuna, M.Yunus Asmo, Mulyadi Y.L, Walmizar (Fak.Teknik USU), Ghazali Husni Situmorang (FMIPA-USU) , Fakhruddin (Fak.Kedokteran USU) dan Khaliluddin (Fak.Pertanian USU).
Dalam audiensi dengan Bapak Drs.Nurdin Nasution, beliau mengeluarkan gagasan agar kekuatan Alumni disatukan dalam satu wadah, maka akhirnya tanggal 15 Februari 1987 di Aula KANWIL Kementerian Agama Sumatera Utara Jl.Binjai dibentuklah Ikatan Abituren Madrasah Aliyah Negeri Medan (disingkat IKAMAN-Medan) dimana terpilih sebagai Ketua Umumnya adalah Mukhlis Malik. 
Dalam perjalanannya berubah nama menjadi Ikatan Alumni MAN Medan, seiring dengan dilikuidasinya PGAN menjadi MAN maka berubahlah MAN Medan menjadi MAN 1 Medan, maka berubah lagi organisasi menjadi Ikatan Alumni MAN 1 Medan disingkat IKAMAN 1 Medan.
Selanjutnya kepemimpinan Ikatan Alumni MAN 1 Medan sbb :
1987 - 1995            : Ir.Mukhlis Malik
1995 - 1998            :  dr.Zuhrowardi Pasi,Sp.A
1998 - 1999            : Drs.Muhammad Sofyan
1999 - 2008            : Elfi Harris,SH
2008 - 2012             : Rafriandi Nasution,SE,MT
2012 - 2016            : Zulkarnain Nasution,S.Sos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar